fbpx
Jenis Sealant dan Fungsinya

Jenis Sealant dan Fungsinya

Simak jenis dan fungsi sealant yang perlu anda ketahui di bawah ini.

Berbagai jenis dan merk sealant kini bisa kita temui di pasaran dengan mudah, namun tak jarang membuat anda bingung dalam menentukan pilihan.

Kebingungan  tersebut wajar, karena dasar pengetahuan yang perlu anda miliki, terkait  jenis sealant berdasarkan fungsinya.

Sebagaimana yang kita ketahui, sealant merupakan lem perekat yang memiliki dua fungsi utama.

Fungsi sealant yang pertama yakni merekatkan dua bidang material, sedangkan fungsi yang kedua yakni mengisi celah antara bidang. 

Produk IKA Sealant memiliki varian jenis, sesuai dengan dengan fungsi, sesuai dengan  masing-masing aplikasi yang spesifik.

Berikut adalah uraian berbagai jenis sealant dan fungsinya, dengan menyertakan sejumlah produk IKA Sealant:

Silicone Sealant: Neutral Sealant dan Acetic Sealant

Produk silicone sealant atau yang dikenal lem silikon berbahan dasar silicone polymer  yang diproduksi dari batu silika, dan bukan sebagai salant organik.

Silicone sealant tahan terhadap sinar ultraviolet yang berasal dari cahaya matahari dan cuaca dingin. 

Tingkat penyusutan silicone sealant terhadap sinar ultraviolet sangat rendah, yakni dibawah 5 persen, dan cocok untuk aplikasi pada material kaca serta aluminium.

Silicone sealant terbagi ke dalam dua sifat, yakni Neutral Sealant atau Sealant Netral dan Acetic Sealant atau Sealant Asam.

Neutral Sealant tidak berbau menyengat dan lebih aman terhadap aplikasi logam.

 

Adapun sejumlah merek dari produk IKA Sealant yang netral yakni: IKA Glazing N10, IKA Glazing MP, IKASEAL 988, IKA SHINESEAL, IKASEAL AUTO, serta IKA Neutral Plus.

Sedangkan Acetic Sealant berbau asam menyengat dan bersifat korosif , namun cepat kering saat pengaplikasian.

Untuk selant asam dari jajaran produk IKA Sealant yakni: IKA Glazing Bathroom & Kitchen, IKA Glazing A, IKA Acetic Plus serta IKA Glazing Acetoxy.

Modified Sealant / Modified Silicone (MS)

Modified sealant  berbahan dasar MS Polymer merupakan sealant perekat yang dimodifikasi dengan teknologi Silyl Terminated Polyether Technology dari Jepang.

Kandungan dari modified sealant merupakan gabungan kekuatan silikon yang tahan dua kali lipat terhadap sinar ultraviolet daripada jenis Polyurethane Sealant.

Kelebihan dari Modified Sealant yakni bisa dicat seperti halnya Polyurethane Sealant, dan coock untuk aplikasi pada dinding dan terlebih pada ACP (aluminium composite panel).

Selain itu, Modified Sealant juga cocok untuk palikasi pada material lain seperti kayu, batu alam, dan beton. 

Produk IKA Sealant mellaui merek IKASEAL MS 1022-LM merupakan salah satu andalan untuk berbagai proyek besar di Indonesia.

 IKASEAL MS 1022-LM juga bisa dibuatkan warna sesuai keinginan atau custom, disesuaikan dengan warna material, serta tidak menimbulkan bercak noda.

Polyurethane Sealant 

Sama halnya dengan Modified Sealant, produk jenis Polyurethane Sealant  juga bisa dicat sesuai keinginan dan tidak menimbulkan bau menyengat.

Meski demikian, daya ketahanan Polyurethane Sealant terhadap sinar ultraviolet lebih rendah daripada jenis Modified Sealant 

Disarankan agar dicat setelah proses aplikasi produk jenis  Polyurethane Sealant agar terelindung dari pancaran sinar ultraviolet.

Merek IKASEAL PU MAX dan IKA SUPER PU+ menjadi andalan PT. Indo Karya Anugerah untuk diaplikasikan pada  celah parimeter precast beton, GRC, Kalsiboard, kusen kayu atau aluminium terhadap dinding beton atau bata ringan.

Acrylic Sealant

Acrylic Sealant merupakan sealant yang berfungsi sebagai pengisi celah, khusus untuk area interior atau di dalam ruangan.

 Sealant berbahan acrylic tidak memiliki ketahanan terhadap sinar ultraviolet, serta disarankan untuk di cat. 

Sealant jenis tidak memiliki kekuatan sebagai perekat, karena tingkat elastisitas rendah kisaran 10 persen. 

Acrylic Sealant dapat diaplikasikan pada berbagai material seperti kayu, beton, marmer, keramik, dinding dan di sekitar pintu, jendela.

Aman digunakan, karena Acrylic Sealant tidak mengandung bau menyengat, sekaligus berfungsi sebagai pengganti semen putih pada celah atau lubang di plafon interior.

Merek produk IKA Sealant yang diproduksi PT. Indo Karya Anugerah yakni IKA Glazing Acrylic.

Itulah berbagai jenis dan fungsi sealant yang perlu anda ketahui, sebelum menentukan pilihan dalam sebuah aplikasi.

This Post Has 4 Comments

  1. Whatsappnya aktif nggak ya…???

    1. aktif Pak

    1. Selamat siang,
      untuk daftar harga dan brosur bisa menghubungi kami di nomor WA 08174822028.

      Terimakasih.

Leave a Reply

1
Ask IKA's Sales Team Now
Powered by
×