Jenis Sealant dan Fungsinya

Jenis Sealant dan Fungsinya

Berbagai jenis sealant dan merk sealant kini bisa kita temui di pasaran dengan mudah. Mungkin terkadang membuat kita bingung, sebaiknya pilih produk sealant yang mana. Oleh karena itu kita harus mengetahui jenis sealant dan fungsinya, agar kita bisa memilih produk sealant yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Sealant merupakan lem perekat yang memiliki fungsi merekatkan dua bidang dan ada juga yang berfungsi hanya sebagai pengisi celah antara bidang. 

IKA Sealant memiliki berbagai produk jenis sealant dengan fungsi dan spesifikasinya masing-masing sesuai aplikasi, di antaranya :

  1. Silicone Sealant (Neutral Sealant dan Acetic Sealant)

Produk silicone sealant atau yang dikenal lem silikon berbahan dasar silicone polymer  yang diproduksi dari batu silika termasuk ke dalam unorganic sealant (bukan organic Sealant) yang tahan terhadap sinar matahari (cahaya UV) serta tahan terhadap cuaca dingin. Silicone sealant memiliki fungsi sebagai lem perekat antar bidang yang terbagi ke dalam 2 jenis sealant yaitu Sealant Netral (Neutral) dan Sealant Asam (Acetic). Lem silicone sealant penyusutan terhadap sinar ultraviolet (UV) sangat rendah hanya di bawah 5 % dan sangat baik untuk aplikasi ke material kaca dan aluminium.

Produk IKA SEALANT jenis Silicone Sealant :

  • Neutral Silicone Sealant (Lem Silikon Netral)

IKA Glazing N10, IKA Glazing MP, IKASEAL 988, IKA SHINESEAL, IKASEAL AUTO

  • Acetic Silicone Sealant (Lem Silikon Asam)

IKA Glazing Bathroom & Kitchen, IKA Glazing A, IKA Glazing Acetoxy

  1. Modified Sealant / Modified Silicone (MS)

Modified sealant atau modified silicone berbahan dasar MS Polymer merupakan sealant perekat yang dimodifikasi dengan teknologi Silyl Terminated Polyether Technology dari Jepang yang menggabungkan kekuatan silikon yang dapat meningkatkan ketahanan terhadap sinar UV 2 kali lebih kuat daripada Polyurethane Sealant (Super PU+). Sealant ini bisa di cat (Paintable Sealant) seperti sealant Polyurethane (PU), disesuaikan warna dinding yang diinginkan, secara khusus material yang cocok adalah ACP (aluminium composite panel), kayu, batu alam (Marble) dan beton (concrete). Indo Karya Anugerah memiliki produk IKASEAL MS 1022-LM (Modified Sealant) yang warnanya juga bisa custom color disesuaikan dengan warna material yang ingin disamakan, jadi tanpa perlu di cat serta sealant ini tidak menimbulkan bercak (Non Stain Sealant) terhadap material yang direkatkan.

  1. Polyurethane (PU ) Sealant 

Jenis polyurethane (PU) sealant terkategori sealant perekat bisa dicat (Paintable Sealant) sesuai keinginan dan tidak menimbulkan bau, namun ketahanan terhadap sinar UV kurang baik selayaknya modified sealant (MS), oleh karena itu sealant disarankan untuk di cat agar melindungi dari sinar UV. Polyurethane sealant cocok digunakan di celah parimeter precast beton, GRC, Kalsiboard, kusen kayu atau aluminium terhadap dinding beton atau bata ringan / habel (light brick).

  1. Acrylic Sealant

Acrylic sealant merupakan sealant yang berfungsi sebagai pengisi celah area khusus interior serta tidak memiliki ketahanan terhadap sinar UV, oleh karena itu disarankan untuk di cat.  Sealant Acrylic tidak memiliki kekuatan sebagai perekat serta elastisitasnya rendah sekitar 10%. Acrylic sealant dapat diaplikasikan di berbagai macam material seperti kayu, beton, marmer, keramik, dinding dan di sekitar pintu, jendela dan paling cocok digunakan dalam ruangan karena tidak mengandung bau yang menyengat. Acrylic Sealant dapat juga digunakan sebagai pengganti semen putih yang di dapat diaplikasikan untuk menutup celah atau lubang di plafon interior.

Leave a Reply

1
Ask IKA's Sales Team Now
Powered by
×